RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MTs : ...............................................
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 2
x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kopetensi
1. Melaksanakan ketentuan taharah (bersuci)
B. Kompetensi Dasar
1. Menjelaskan hadats
kecil dan tata cara taharahnya
(bersucinya)
C. Indikator
1. Menyebutkan
pengertian istinja’
2. Menjelaskan
hukum istinja’
3. Menjelaskan
adab istinja’
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan pengertian istinja’
2. Siswa dapat menjelaskan hukum istinja’
3. Siswa dapat menjelaskan adab istinja’
E. Materi Pembelajaran
1. Pengertian istinja’
2. Hukum istinja’
3. Adab buang air (istinja’)
F. Karakteristik
siswa yang diharapkan
1. Berani
( Courage )
2. Tekun
( Diligence ) dan Tanggung jawab ( Responsibility )
3. Rasa
hormat dan Perhatian ( Respect ).
G. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
: Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk
kegiatan awal.
2. Kerja
kelompok : kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian istinja’,
hukum istinja’ dan adab buang air.
3. Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran.
4. Demonstrasi : metode ini digunakan ketika mempraktekkan
adab beristinja.
5. Tanya jawab : metode ini digunakan untuk mengetahui
sejauhmana pemahaman siswa dalam proses penyerapan materi pembelajaran.
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal :
a. Mengucapkan
salam, berdoa dan mengisi absensi siswa sebelum memulai pelajaran.
b. Menjelaskan
pentingnya materi pembelajaran dan menumbuhkan kesadaran siswa untuk menguasai
materi tentang istinja’dan cara taharahnya (mensucikannya).
c. Menjelaskan
secara singkat materi yang akan dipelajari sesuai kompetensi dasar dan
indikatornya.
d. Memberikan
informasi seputar tujuan dan manfaat mempelajari materi istinja’ dan cara taharahnya.
2. Kegiatan
Inti
a. Eksplorasi
( Penyelidikan ):
§ Guru
menanyakan kepada siswa seputar pengetahuan siswa tentang Istinja’ dan cara taharahnya
(bersucinya).
§ Guru
meminta dua orang siswa untuk mempraktekkan adab beristinja sebagaimana yang
mereka ketahui.
§ Guru
memberikan pujian kepada siswa tersebut karena sudah berani tampil kedepan
mempraktekkan adab beristinja sesuai yang mereka ketahui.
b. Elaborasi
:
§ Guru
memulai menjelaskan materi pembelajaran sesuai indikatornya.
§ Setiap
siswa mencermati apa yang telah dipaparkan oleh guru dan mencatat hal-hal yang
dianggap penting dari materi yang sedang disampaikan.
§ Guru
meminta setiap kelompok untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian istinja’,
hukum istinja’ dan adab buang air dari setiap siswa didalam
kelompoknya masing-masing.
§ Guru
meminta setiap kelompok untuk mendiskusikan tentang informasi yang telah
didapat dari setiap siswa dalam kelompoknya masing-masing.
§ Guru
meminta perwakilan setiap kelompok dua orang untuk mendemonstrasikan adab buang
air yang benar dan yang tidak benar sekaligus cara membersihkan istinja’ ketika tidak ada air sesuai
hasil diskusi kelompoknya.
c. Konfirmasi
( Penguatan ):
§ Penguatan
tentang pengertian istinja’, hukum istinja’ dan adab buang air.
3. Kegiatan
Akhir :
a. Tanya
jawab tentang materi istinja’, hukum istinja’ dan adab
buang air sebagai penilaian apakah siswa
telah mampu mencapai apa yang menjadi tujuan pembelajaran.
b. Memberi
penilaian, pujian dan motivasi kepada siswa khususnya kepada siswa yang mampu
menjawab pertanyaan ketika sesi Tanya jawab.
c. Guru
membacakan kesimpulan ringkas dari materi yang telah disampaikan.
d. Guru
memberikan tugas untuk menuliskan dalil Al-Qur’an atau Hadits tentang hukum
istinja’ dan adab buang air sebagai pekerjaan rumah (PR) yang tercantum di
dalam buku LKS.
e. Guru
menutup pelajaran, mengucapkan hamdallah dan salam penutup.
I. Sumber belajar dan media pembelajaran
1. Buku Paket Fikih kelas VII
2. Audio visual atau gambar seputar adab buang air (istinja’).
3. Air
mutlak, air Teh atau kopi, air sirup dan kotoran kambing.
4. Ember
kecil dan gelas plastik.
5. LKS
sebagai bahan penugasan.
6. Lingkungan
ruang kelas.
J. Penilaian
1. Teknik
Evaluasi
a. Menjawab
pertanyaan.
b. Diskusi
dan kerja kelompok.
c. Praktek
selama pembelajaran dilakukan.
2.
Bentuk Evaluasi
a.
Tes Lisan ( Tanya jawab )
b.
Jalannya diskusi
c.
Penugasan pekerjaan rumah ( PR )
3.
Standar Penilaian
a. Kelancaran
b. Ketepatan
c.
Keberanian
Mengetahui,
Guru mata kuliah
MKPAI-2
(Munasir, M.Pd.I)
NIP/NIK :
...........................
|
Subang, 20 Desember 2013
Mahasiswi
(Eis Ns)
NIM : 1112-01-xxxx
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar