Nama : Eis Ns
NIM : 1112-01-1xxxx
Mata Kuliah : Strategi Belajar Mengajar
Dosen M.k. : Bpk. M. Kusman. M.Pd.I
Model Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team
A.
Langkah – langkah :
1.
Guru
membuka pembelajaran.
2.
Guru
menyampaikan semua tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut
dan memotivasi siswa.
3.
Guru
menyampaikan materi.
Guru menyajikan informasi kepada
siswa dengan jalan demonstrasi atau lewat bahan bacaan. Materi yang diberikan
juga bertujuan memberikan umpan kepada siswa untuk menggali informasi yang
lebih mendalam.
4.
Guru
membagi siswa kedalam 3
kelompok.
Guru menjelaskan kepada siswa
bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan
transisi secara efisien. Kelompok yang terbentuk adalah Kelompok A, B, C.
Semua anggota kelompok bersama-sama
mempelajari materi tersebut melalui lembaran kerja yang sesuai
dengan materi yang didapat kelompok tersebut.
Mereka mendiskusikan materi tersebut, saling memberi arahan, saling memberikan
pertanyaan dan jawaban untuk memahami materi tersebut.
5.
Pertandingan
Akademis
Guru meminta salah satu kelompok
untuk menyiapkan pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan materi yang baru saja
disampaikan. Kelompok lain memperhatikan.
a.
Meminta
kelompok A untuk memberikan pertanyaan kepada kelompok B. jika kelompok B tidak
dapat menjawab pertanyaan sesuai waktu yang ditentukan, maka lempar pertanyaan
tersebut kepada kelompok C.
b.
Kelompok
A memberi pertanyaan kepada kelompok C. Jika kelompok C tidak bisa menjawab, maka
pertanyaan dilempar ke kelompok B.
c.
Walaupun
jawaban yang diberikan kelompok lain benar ataupun salah, kelompok A tetap
mengulas jawaban yang benar.
d.
Selanjutnya
moderator menunjuk kelompok B untuk memberi pertanyaan. Prosedur sama seperti
pada point b dan c.
e.
Dan
sebagaimana kelompok A dan B, moderator menunjuk kelompok C untuk memberi
pertanyaan. Prosedur sama seperti pada point b dan c.
6.
Akhiri
pembelajaran. Guru menyimpulkan tanya jawab dan menjelaskan sekiranya ada
pemahaman siswa yang keliru.
7.
Guru
memberikan Penghargaan
Setiap jawaban
yang benar nantinya akan diberikan tanda bintang, kemudian selanjutnya akan
diakumulasi untuk mendapatkan kelompok yang memiliki score tertinggi. Dan menjadi tambahan nilai dalam
hasil ujian akhir sekolah.
8.
Guru
memberi pujian dan motivasi kepada siswa sekaligus menutup proses pembelajaran.
B. Kelebihan Dan Kelemahan Model Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team
Dari pembahasan mengenai active
learning di atas dapat ditemukan banyak kelebihan dari konsep active learning
itu sendiri, diantaranya sebagai berikut :
1.
Berpusat
pada peserta didik.
2.
Penekanan
pada menemukan pengetahuan bukan menerima pengetahuan.
3.
Sangat
menyenangkan.
4.
Memberdayakan
semua potensi dan indera peserta didik.
5.
Menggunakan
metode yang bervariasi.
6.
Menggunakan
banyak media.
7.
Disesuaikan
dengan pengetahuan yang sudah ada.
8.
Adanya
kerja sama yang baik dalam team setiap kelompoknya.
9.
Dengan
adanya pertandingan akademis ini maka terciptalah kompetisi antar kelompok,
para siswa akan senantiasa berusaha belajar dengan motivasi yang tinggi agar
dapat memperoleh nilai yang tinggi dalam pertandingan.
Namun tidak sedikit pula ditemukan
beberapa kelemahan dari model pembelajaran active learning Team quiz. Diantaranya
adalah sebagai berikut :
1.
Peserta
didik kesulitan mengorientasikan pemikirannya, ketika tidak didampingi oleh
pendidik.
2.
Pembahasan
terkesan ke segala arah atau tidak terfokus.
3.
Menyita
cukup banyak waktu. Terlebih jika tiap kelompok diberi kesempatan untuk 3 pertanyaan
perkelompok.
C. Penanganan (Tindak lanjut)
1.
Setiap
peserta didik dibebaskan untuk berfikir dan mengeluarkan ide dan kemampuannya
agar dapat menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan kelompok lain.
2.
Harus
ada satu moderator dan satu ketua kelompok dalam tiap team agar jalannya
pertandingan akademis dapat terarahkan dan terfokuskan.
3.
Harus
bisa memanajemen waktu agar dapat seefektif dan seefisien mungkin dalam jalannya
pertandingan akademis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar