RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : MTs Negeri 2
SUKASARI
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam (
SKI )
Kelas / Semester : VIII C / 2
Alokasi Waktu : 2
x 40 Menit (1 Kali pertemuan)
A. Standar Kopetensi
1. Memahami
perkembangan masyarakat Islam pada masa
Dinasti Al Ayyubiyah
B. Kompetensi Dasar
1. Menceritakan
sejarah berdirinya Dinasti Al Ayyubiyah
C. Indikator
1. Menjelaskan
sejarah berdirinya Dinasti Al Ayyubiyah
2. Menjelaskan
proses terbentuknya sejarah Dinasti Al Ayyubiyah
3. Menyebutkan
tokoh-tokoh yang berperan dalam sejarah
berdirinya Dinasti Al Ayyubiyah
4. Mengidentifikasi
faktor pendukung sejarah berdirinya Dinasti Al Ayyubiyah
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat Menjelaskan sejarah berdirinya Dinasti
Al Ayyubiyah
2.
Siswa dapat Menjelaskan proses terbentuknya sejarah
Dinasti Al Ayyubiyah
3.
Siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh yang berperan
dalam sejarah berdirinya Dinasti Al Ayyubiyah
4.
Siswa dapat mengidentifikasi faktor pendukung
sejarah berdirinya Dinasti Al Ayyubiyah
E. Materi Pembelajaran
1. Sejarah berdirinya Dinasti Al
Ayyubiyah
2. Proses terbentuknya sejarah
Dinasti Al Ayyubiyah
3. Tokoh-tokoh yang berperan dalam
sejarah berdirinya Dinasti Al Ayyubiyah
4. Faktor pendukung sejarah
berdirinya Dinasti Al Ayyubiyah
F. Karakteristik
siswa yang diharapkan
1. Berani
dan Komunikatif
2. Bekerja
sama dan Tanggung jawab ( Responsibility )
3. Rasa
hormat dan Perhatian ( Respect )
G. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
: metode ceramah ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama
untuk kegiatan awal.
2. Diskusi
: metode ini digunakan untuk mendiskusikan materi pembelajaran, dengan tujuan
mengembangkan kerja sama antara siswa.
3. Tanya jawab : metode ini digunakan untuk mengetahui
sejauhmana pemahaman siswa dalam proses penyerapan materi pembelajaran.
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal :
a. Mengucapkan
salam, berdoa dan mengisi absensi siswa sebelum memulai pelajaran.
b. Menjelaskan
pentingnya materi pembelajaran dan menumbuhkan kesadaran siswa untuk menguasai
materi yang akan disampaikan.
c. Menjelaskan
secara singkat materi yang akan dipelajari sesuai kompetensi dasar dan
indikatornya. Dan seputar tujuan dan manfaat mempelajari materi yang akan
disampaikan.
2. Kegiatan
Inti
a. Eksplorasi
( Penyelidikan ):
§ Guru
menanyakan kepada siswa seputar pengetahuan siswa tentang sejarah berdirinya Dinasti
Al Ayyubiyah .
§ Guru
meminta beberapa orang siswa menyebutkan tokoh-tokoh yang berperan dalam sejarah berdirinya
Dinasti Al Ayyubiyah sebagaimana yang mereka
ketahui.
§ Guru
memberikan pujian kepada siswa, karena sudah berani menyebutkan tokoh-tokoh yang berperan dalam
sejarah berdirinya Dinasti Al Ayyubiyah.
b. Elaborasi
:
§ Guru
memulai menjelaskan materi pembelajaran sesuai indikator tentang sejarah berdirinya Dinasti Al
Ayyubiyah.
§ Setiap
siswa mencermati apa yang dipaparkan oleh guru dan mencatat hal-hal yang
dianggap penting.
§ Guru
membagi siswa kedalam beberapa kelompok, untuk mendiskusikan materi yang sedang
dibahas.
§ Setiap
kelompok membuat peta konsep berdasarkan sub indikator yang akan dicapai
berdasarkan waktu yang telah di tentukan.
§ Setiap
kelompok mengajukan satu perwakilan untuk mempresentasikan hasil dari diskusi
kelompoknya dan siswa mencatat hal-hal yang penting dalam pemaparan presentasi
setiap kelompok tersebut.
§ Guru
dan siswa memberi Up plus kepada setiap kelompok yang telah mempresentasikan
hasil diskusinya.
c. Konfirmasi
( Penguatan ) :
§ Guru
memberi penguatan tentang sejarah berdirinya Dinasti Al Ayyubiyah sesuai yang
telah dipresentasikan.
§ Guru
menanyakan yang kurang dipahami siswa tentang materi pembelajaran yang telah
diajarkan.
3. Kegiatan
Akhir :
a. Guru
melakukan Tanya jawab tentang sejarah berdirinya Dinasti Al Ayyubiyah sebagai
penilaian apakah siswa telah mampu mencapai apa yang menjadi tujuan
pembelajaran.
b. Guru
memberi penilaian, pujian dan motivasi kepada siswa khususnya kepada siswa yang
mampu menjawab pertanyaan ketika sesi Tanya jawab.
c. Guru
membacakan kesimpulan ringkas dari materi yang telah dibahas.
d. Guru
menutup pelajaran, mengucapkan hamdallah dan salam penutup.
I. Sumber belajar dan media pembelajaran
1. Buku Paket SKI kelas
VIII
2. Buku
Sejarah Peradaban Islam Depag
3. Lingkungan
ruang kelas
J. Penilaian
1. Teknik
Evaluasi
a. Tanya
Jawab
b. Diskusi
Kelompok
2.
Bentuk Evaluasi
a.
Tes Lisan ( Jawab singkat )
b.
Presentasi perkelompok
3.
Standar Penilaian
a.
Kerjasama
b.
Keberanian
c.
Ketepatan
4. Instrumen
penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Soal Instrumen
|
1. Menjelaskan sejarah berdirinya Dinasti Al Ayyubiyah
|
Diskusi
|
Presentasi
|
§
Jelaskan sejarah berdirinya Dinasti Al Ayyubiyah?
|
2. Menjelaskan proses terbentuknya sejarah Dinasti Al Ayyubiyah
|
Diskusi
|
Presentasi
|
§
Jelaskan proses terbentuknya sejarah dinasti Al Ayyubiyah?
|
3. Menyebutkan tokoh-tokoh yang berperan dalam sejarah berdirinya Dinasti Al Ayyubiyah
|
Tanya Jawab
|
Tes Lisan
|
§
Sebutkan tokoh-tokoh yang
berperan dalam sejarah berdirinya
Dinasti Al Ayyubiyah?
|
4. Mengidentifikasi faktor pendukung sejarah berdirinya Dinasti Al Ayyubiyah
|
Tanya Jawab
|
Tes Lisan
|
§ Identifikasikan faktor pendukung sejarah berdirinya Dinasti
Al Ayyubiyah?
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah MTs Negeri 2
Sukasari
( H. SUHENDI, S.Ag, M.Pd.I )
NIP : 196609291990031004
|
Mengetahui,
Guru Pamong PPL
( AGAN, S.Ag, M.Pd.i )
NIP : 196707042005011002
|
Sukasari, 25 Februari 2014
Guru PPL Mapel SKI
( Eis NS )
NIM : 1112-01-1128
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar