Senin, 02 Juni 2014

SILABUS PEMBELAJARAN MTs NEGERI 2 SUKASARI SUBANG Akidah Akhlak



KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
PERANGKAT DAN SILABUS PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
TAHUN AJARAN 2013/2014

Mata Pelajaran                   : Aqidah Akhlak
Satuan Pendidikan              : Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Kelas/Semester                    : VII / 2

Nama Guru Pratikan          : ___________________________
NIM/NPM                           : ___________________________
Sekolah                               : ___________________________



SILABUS Pembelajaran
Madrasah            : MTs NEGERI 2 SUKASARI SUBANG
Mata Pelajaran   : Akidah Akhlak
Kelas / Semester  : VII / II

Standar Kompetensi     : 1. Meningkatkan keimanan kepada malaikat-malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib selain malaikat
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar


(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)

1.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
1      Iman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
1       Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan dengan benar
2       Bertanya jawab tentang beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
3       Diskusi tentang beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
1    Menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat Allah SWT.
2    Menunjukkan dalil naqli tentang adanya malaikat Allah SWT.
3    Menjelaskan pengertian makhluk ghoib seperti jin, iblis dan setan
4    Menunjukkan dalil naqli tentang jin, iblis dan setan
2 x 40 Menit
1.  Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VII
2.  LKS
3.  Buku lain yang relevan

1.2  Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
1.  Bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
1.    Mengamati fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitar untuk menemukan bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
2.    Diskusi tentang Bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
3.    Guru dan siswa menyimpulkan tentang Bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
1.  Menyebutkan tanda-tanda adanya malaikat Allah melalui fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitar
2.  Menyebutkan tanda-tanda adanya makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan melalui fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitar
3.  Menyebutkan tanda-tanda adanya makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan melalui dalil naqli.
2 x 40 Menit
1.  Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VII
2.  LKS kelas VII
3.  Buku lain yang relevan

1.3      Menjelaskan tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
1.  Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
2.    Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan tugas, dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
3.    Bertanya jawab tentang Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
4.    Diskusi tentang Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
5.    Guru dan siswa menyimpulkan tentang Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
1.    Menyebutkan nama dan tugas malaikat Allah SWT.
2.    Menyebutkan sifat-sifat malaikat Allah SWT.
3.    Menjelaskan keterkaitan ketaatan malaikat Allah dengan perbuatan manusia.
4.    Menyebutkan sifat-sifat makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan
5.    Menjelaskan perbedaan malaikat, jin, syetan dan iblis
6.    Menjelaskan keterkaitan sifat  jin, iblis dan setan dengan perbuatan manusia.
2 x 40 Menit
1.    Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VII
2.    LKS
3.    Buku lain yang relevan

1.4 Menunjukkan ciri-ciri/tanda- tanda perilaku  beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan
1.    Ciri-ciri/ tanda-tanda perilaku  beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan
1.      Mengamati fenomena lingkungan sekitar untuk menunjukkan ciri-ciri/ tanda-tanda perilaku  beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.
2.      Diskusi tentang Ciri-ciri/ tanda-tanda perilaku  beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.
3.      Siswa diminta menyebutkan ciri-ciri/ tanda-tanda tentang perilaku  beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.
1.      Menunjukkan ciri-ciri orang yang beriman kepada malaikat Allah  melalui perilakunya terhadap fenomena kehidupan
2.      Menunjukkan ciri-ciri orang yang meyakini adanya makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan melalui perilakunya terhadap fenomena kehidupan
2 x 40 Menit
1.  Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VII
2.  LKS
3.  Buku lain yang relevan


Standar Kompetensi     :        2. Menghindari akhlak tercela kepada Allah
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Sumber Belajar


(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)

2.1       Menjelaskan pengertian riya dan nifaq


1.  Akhlak tercela kepada Allah (riya dan nifaq)
1.      Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelakan pengertian riya dan nifaq
2.      Diskusi  tentang riya dan nifaq
3.      Guru dan siswa menyimpulkan tentang riya dan nifaq
1.      Menjelaskan pengertian riya.
2.      Menjelaskan pengertian nifaq
3.      Dapat menguraikan pengertian riya dan nifaq.
2 x 40 Menit
1.      Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VII
2.      LKS kelas VII

2.2  Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
1.    Bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
1.      Mengamati linkungan sekitar untuk mengenali  bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
2.      Diskusi tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
3.      Guru dan siswa menyimpulkan tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
1.      Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
2.      Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki perbuatan riya dan nifaq
2 x 40 Menit
1.    Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VII
2.    Buku lain yang relevan

2.3  Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq dalam  fenomena kehidupan
1. Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq
1.      Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq dalam  fenomena kehidupan
2.      Diskusi kelompok tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq
3.      Guru dan siswa menyimpulkan tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq
1.      Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dalam  fenomena kehidupan
2.      Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan nifaq dalam  fenomena kehidupan
3.      Menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq
2 x 40 Menit
1.      Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VII
2.      LKS
3.      Buku lain yang relevan

2.4 Membiasakan diri menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq
1. Akhlak tercela kepada Allah (riya dan nifaq)
1.      Mengidentifikasi hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq sehingga ia berusaha untuk menghindarinya.
2.      Diskusi tentang menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq
3.      Guru dan siswa menyimpulkan tentang menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq
1.      Menghindari perbuatan riya dan nifaq dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga
2.      Menghindari perbuatan riya dan nifaq dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah
3.      Menghindari perbuatan riya dan nifaq dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat
2 x 40 Menit
1.  Buku Paket Aqidah Akhlaq  kelas VII
2.  LKS
3.  Buku lain yang relevan


Mengetahui,
Kepala Madrasah



H. SUEHNDI, S.Ag, M.Pd.I
NIP. 196609291990031004

Mengetahui,
Guru Pamong



Agan, S.Ag, M.Pd.I     
NIP.196707042005011002
Sukasari,  25 Februari 2014
Guru bidang studi



Eis NS
NIM/NPM.1112-01-1128

Tidak ada komentar:

Posting Komentar