KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
PERANGKAT DAN SILABUS PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
TAHUN AJARAN 2013/2014
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Satuan
Pendidikan : Madrasah
Tsanawiyah (MTs)
Kelas/Semester : VII / 2
Nama Guru Pratikan :
___________________________
NIM/NPM : ___________________________
Sekolah : ___________________________
SILABUS Pembelajaran
Madrasah : MTs
NEGERI 2 SUKASARI SUBANG
Mata
Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas
/ Semester : VII / II
Standar
Kompetensi : 1.
Meningkatkan keimanan kepada malaikat-malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib
selain malaikat
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
|
1.1 Menjelaskan
pengertian beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya
seperti jin, iblis dan setan
|
1
Iman kepada malaikat Allah SWT dan
makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
|
1
Membaca dan menelaah berbagai
literatur untuk dapat menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat Allah
SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan dengan benar
2
Bertanya jawab tentang beriman kepada
malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
3
Diskusi tentang beriman kepada
malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
|
1
Menjelaskan pengertian beriman kepada
malaikat Allah SWT.
2
Menunjukkan dalil naqli tentang
adanya malaikat Allah SWT.
3
Menjelaskan pengertian makhluk ghoib
seperti jin, iblis dan setan
4
Menunjukkan dalil naqli tentang jin,
iblis dan setan
|
2 x 40 Menit
|
1. Buku Paket Aqidah
Akhlaq kelas VII
2. LKS
3. Buku lain
yang relevan
|
|
1.2 Menunjukkan
bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti
jin, iblis dan setan
|
1. Bukti/dalil
kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis
dan setan
|
1.
Mengamati fenomena alam yang terjadi
di lingkungan sekitar untuk menemukan bukti/dalil kebenaran adanya malaikat
Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
2.
Diskusi tentang Bukti/dalil kebenaran
adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
3.
Guru dan siswa menyimpulkan tentang
Bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti
jin, iblis dan setan
|
1. Menyebutkan
tanda-tanda adanya malaikat Allah melalui fenomena alam yang terjadi di
lingkungan sekitar
2. Menyebutkan
tanda-tanda adanya makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan melalui
fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitar
3. Menyebutkan
tanda-tanda adanya makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan melalui dalil
naqli.
|
2 x 40 Menit
|
1. Buku Paket
Aqidah Akhlaq kelas VII
2. LKS kelas VII
3. Buku lain
yang relevan
|
|
1.3
Menjelaskan tugas dan sifat-sifat
malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
|
1. Tugas dan
sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan
setan
|
2.
Membaca dan menelaah berbagai
literatur untuk dapat menjelaskan tugas, dan sifat-sifat malaikat Allah serta
makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
3.
Bertanya jawab tentang Tugas dan
sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan
setan
4.
Diskusi tentang Tugas dan sifat-sifat
malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
5.
Guru dan siswa menyimpulkan tentang
Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin,
iblis dan setan
|
1.
Menyebutkan nama dan tugas malaikat
Allah SWT.
2.
Menyebutkan sifat-sifat malaikat
Allah SWT.
3.
Menjelaskan keterkaitan ketaatan
malaikat Allah dengan perbuatan manusia.
4.
Menyebutkan sifat-sifat makhluk ghaib
seperti jin, iblis dan setan
5.
Menjelaskan perbedaan malaikat, jin,
syetan dan iblis
6.
Menjelaskan keterkaitan sifat jin, iblis dan setan dengan perbuatan
manusia.
|
2 x 40 Menit
|
1.
Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VII
2.
LKS
3.
Buku lain yang relevan
|
|
1.4 Menunjukkan ciri-ciri/tanda- tanda
perilaku beriman kepada malaikat
Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap
fenomena kehidupan
|
1.
Ciri-ciri/ tanda-tanda perilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk
ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap
fenomena kehidupan
|
1.
Mengamati fenomena lingkungan sekitar
untuk menunjukkan ciri-ciri/ tanda-tanda
perilaku beriman kepada malaikat Allah
dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena
kehidupan.
2.
Diskusi tentang Ciri-ciri/ tanda-tanda
perilaku beriman kepada malaikat Allah
dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena
kehidupan.
3.
Siswa diminta menyebutkan ciri-ciri/ tanda-tanda
tentang perilaku beriman kepada
malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
terhadap fenomena kehidupan.
|
1.
Menunjukkan ciri-ciri orang yang
beriman kepada malaikat Allah melalui
perilakunya terhadap fenomena kehidupan
2.
Menunjukkan ciri-ciri orang yang
meyakini adanya makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan melalui
perilakunya terhadap fenomena kehidupan
|
2 x 40 Menit
|
1. Buku Paket
Aqidah Akhlaq kelas VII
2. LKS
3. Buku lain
yang relevan
|
Standar
Kompetensi : 2.
Menghindari akhlak tercela kepada Allah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
|
2.1
Menjelaskan pengertian
riya dan nifaq
|
1. Akhlak
tercela kepada Allah (riya dan nifaq)
|
1.
Membaca dan menelaah berbagai
literatur untuk dapat menjelakan pengertian riya dan nifaq
2.
Diskusi tentang riya dan nifaq
3.
Guru dan siswa menyimpulkan tentang
riya dan nifaq
|
1.
Menjelaskan pengertian riya.
2.
Menjelaskan pengertian nifaq
3.
Dapat menguraikan pengertian riya dan
nifaq.
|
2 x 40 Menit
|
1.
Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VII
2.
LKS kelas VII
|
|
2.2 Mengidentifikasi
bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
|
1.
Bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan
nifaq
|
1.
Mengamati linkungan sekitar untuk
mengenali bentuk dan contoh-contoh
perbuatan riya dan nifaq
2.
Diskusi tentang Bentuk dan
contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
3.
Guru dan siswa menyimpulkan tentang
Bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
|
1.
Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh
perbuatan riya dan nifaq
2.
Menunjukkan ciri-ciri orang yang
memiliki perbuatan riya dan nifaq
|
2 x 40 Menit
|
1.
Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VII
2.
Buku lain yang relevan
|
|
2.3 Menunjukkan
nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq dalam fenomena kehidupan
|
1. Nilai-nilai
negatif akibat perbuatan riya dan nifaq
|
1.
Mengamati lingkungan sekitar untuk
menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq dalam fenomena kehidupan
2.
Diskusi kelompok tentang Nilai-nilai
negatif akibat perbuatan riya dan nifaq
3.
Guru dan siswa menyimpulkan tentang
Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq
|
1.
Menyebutkan nilai-nilai negatif
akibat perbuatan riya dalam fenomena
kehidupan
2.
Menyebutkan nilai-nilai negatif
akibat perbuatan nifaq dalam fenomena
kehidupan
3.
Menghindari hal-hal yang mengarah
pada perbuatan riya dan nifaq
|
2 x 40 Menit
|
1.
Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VII
2.
LKS
3.
Buku lain yang relevan
|
|
2.4 Membiasakan
diri menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq
|
1. Akhlak
tercela kepada Allah (riya dan nifaq)
|
1.
Mengidentifikasi hal-hal yang
mengarah pada perbuatan riya dan nifaq sehingga ia berusaha untuk
menghindarinya.
2.
Diskusi tentang menghindari hal-hal
yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq
3.
Guru dan siswa menyimpulkan tentang
menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq
|
1.
Menghindari perbuatan riya dan nifaq
dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga
2.
Menghindari perbuatan riya dan nifaq
dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah
3.
Menghindari perbuatan riya dan nifaq
dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat
|
2 x 40 Menit
|
1. Buku Paket
Aqidah Akhlaq kelas VII
2. LKS
3. Buku lain
yang relevan
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
H. SUEHNDI, S.Ag, M.Pd.I
NIP.
196609291990031004
|
Mengetahui,
Guru Pamong
Agan, S.Ag,
M.Pd.I
NIP.196707042005011002
|
Sukasari, 25 Februari
2014
Guru bidang
studi
Eis NS
NIM/NPM.1112-01-1128
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar